Microsoft Kembangkan Elevator Pintar

elevator

Divisi Riset Microsoft (Microsoft Research) mencari segala macam cara dan aktivitas untuk mengembangkan teknologi-teknologi terbaru yang dapat digunakan untuk kemudahan manusia pada umumnya. Baru-baru ini mereka mendapatkan suatu kemajuan dalam bidang teknologi kecerdasan buatan dengan mengembangkan suatu lift pintar.

Bayangkan, suatu lift pintar dapat mengetahui ke lantai mana seseorang akan menuju berdasarkan analisa dan statistik dari orang tersebut. Lift seperti ini akan ada sebentar lagi. Pada sebuah interview dengan media TV Bloomberg, Kepala Divisi Riset Microsoft, Peter Lee menjelaskan bahwa teknologi kecerdasan buatan (AI) adalah fokus terbesar perusahaan ini sekarang. Secara detail Lee menjelaskan bahwa tim Microsoft Research telah menyiapkan sejumlah sensor pada suatu lift. Sensor ini akan merekam apa yang sedang dilakukan orang-orang di dalamnya, tanpa pemrograman lebih lanjut, ataupun penggunaan software pendeteksi wajah. Proses ini akan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan.

Selama periode tiga bulan tersebut, sistem kecerdasan buatan akan mempelajari tingkah laku pengguna untuk mengetahui tujuan mereka. Setelah periode pembelajaran tersebut selesai, feature belajar akan dimatikan. Kemudian sistem pintar tersebut akan mengambil alih lift dan bekerja sesuai dengan pengguna.

Lee kemudian melanjutkan untuk menjelaskan:

“Bila lingkungan telah menunjukan jam makan siang, dan misalnya Anda berbicara kemarin di dalam lift bahwa hari ini Anda akan makan siang bersama kolega Anda di lantai dua, pada saat makan siang hari ini, saat memasuki lift, Anda akan dibawa secara pintar ke lantai dua untuk menemui kolega Anda.”

Salah satu tugas Lee dalam departmen ini adalah mengembangkan perangkat masa depan yang dapat sukses di pasaran. Saat kita masih terkagum-kagum dengan kehebatan smartphone kita masing-masing, divisi Microsoft Research sedang bekerja keras mencari teknologi komputasi masa depan “Kami berpikir, bahwa di masa yang akan datang, Anda tidak akan mengoperasikan komputer, namun komputer lah yang akan bekerja untuk Anda.”

Sumber Berita : http://www.jagatreview.com/2014/01/divisi-riset-microsoft-kembangkan-lift-pintar/
Sumber Gambar : http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/615414/big/lift-canggih-140122b.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *