SOP – Penggunaan Laboratorium IBS

Penggunaan Laboratorium IBS

penggunaan lab

  1. Jam aktif Laboratorium IBS dimulai dari pukul 07.00 s/d 22.00.
  2. Administrator yang bertugas wajib menyalakan AC, lampu, dan server tepat saat Laboratorium IBS memasuki jam aktif. Administrator yang bertugas wajib mematikan AC, lampu, dan server saat menutup Laboratorium IBS.
  3. Mahasiswa yang berhak menggunakan fasilitas komputer Laboratorium IBS diutamakan mahasiswa yang telah mendaftar sebagai anggota riset TA Laboratorium IBS. Mahasiswa Umum (bukan user TA) boleh menggunakan fasilitas komputer laboratorium IBS dengan syarat tidak ada user TA yang menggunakan. Mahasiswa yang telah lulus akan dihapus keanggotaannya dari Laboratorium IBS.
  4. Selain mahasiswa TA Laboratorium IBS dan mahasiswa umum, yang berhak menggunakan fasilitas komputer adalah Kepala, Teknisi, Dosen Anggota, dan Administrator Laboratorium IBS.
  5. Aturan pakaian pengguna Laboratorium IBS adalah pakaian standar kuliah. Memasuki Laboratorium IBS sepatu wajib dilepas dan diletakkan pada lemari sepatu yang telah disediakan.
  6. Pengguna Laboratorium IBS berhak menggunakan fasilitas komputer apa saja selama komputer tersebut sedang ‘idle’ atau tidak sedang digunakan pengguna lain. Aturan pemakaian komputer adalah First In First Serve.
  7. Pengguna Laboratorium IBS harus memahami dan menaati segala peraturan yang diterapkan di Laboratorium IBS.
  8. Segala aktivitas yang dilakukan di Laboratorium IBS adalah kegiatan yang berkaitan dengan riset. Aktivitas lain seperti bermain game, mendengarkan musik, melihat film, berbincang-bincang, dll tidak diperkenankan mengganggu aktivitas riset di dalam Laboratorium IBS.
  9. Pengguna Laboratorium IBS wajib melaporkan kepada Administrator apabila terjadi kerusakan pada fasilitas Laboratorium. Apabila kerusakan disebabkan oleh pengguna, Administrator mencatat kerusakan yang harus diganti oleh pengguna.
  10. Pengguna Laboratorium IBS tidak diperkenankan makan di dalam Laboratorium IBS.
  11. Semua jenis sampah wajib dibuang pada tempat sampah di luar Laboratorium IBS.
  12. Selama berkegiatan di Laboratorium IBS, pengguna wajib menjaga suasana agar tetap kondusif, nyaman, dan tenang. Pengguna dilarang keras berbicara kotor, bercanda secara berlebihan, dan melakukan kekerasan.
  13. Mahasiswa yang menggunakan layanan Laboratorium IBS (printerscanner, pembelian CD/DVD) wajib membayar sesuai layanan yang digunakan. Mahasiswa pengguna layanan Laboratorium IBS juga wajib menaati segala aturan yang diterapkan di Laboratorium IBS.
  14. Pengguna yang telah selesai menggunakan fasilitas Laboratorium IBS harap merapikan kembali fasilitas yang digunakan seperti semula. Komputer yang digunakan di log out, kursi dan meja dirapikan kembali, dan segala peralatan pribadi tidak ditinggalkan di Laboratorium.
  15. Mendekati jam tutup Laboratorium IBS, Administrator hendaknya mengingatkan pengguna untuk bersiap meninggalkan Laboratorium.
  16. Administrator yang bertugas bertanggung jawab merapikan kondisi Laboratorium IBS saat mendekati jam tutup Laboratorium.
  17. Jika laboratorium akan ditutup dan tidak ada administrator yang berada di laboratorium, maka administrator terakhir yang berada di laboratorium bertugas menitipkan kunci laboratorium IBS ke laboratorium tetangga (NCC atau LP).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *